Friday, January 6, 2017

Animasi PDKT Diduga Melakukan Tracing? Apa Jawaban Orang Amerika yang Menggarap Animasi Ini?


Animasi PDKT menjadi kontroversi karena diduga telah melakukan tracing terhadap anime Jepang. Bagaimana Komentar dari orang Amerika yang saat ini tengah menggarap animasi tersebut?

Masih ingatkah dengan animasi buatan anak bangsa berjudul PDKT (Pacar Datang Kau Tiada) yang sempat ramai dibicarakan di media sosial akhir- akhir ini? Animasi yang mengundang kontroversi karena diduga telah melakukan tracing terhadap anime Jepang ini telah membuat para pengguna Facebook heboh. Tidak disangka, ternyata kabar itu telah sampai kepada orang Amerika yang tengah menggarap animasi tersebut. Lalu seperti apa pendapat mereka mengenai hal tersebut? Berikut yang mereka katakan di postingan terbaru di Official Facebook Page mereka.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

"Akhir- akhir ini kami telah menyadari bahwa ada beberapa orang yang telah menemukan kesamaan dari animasi ini dengan anime lain dan diduga telah melakukan copy paste. Kami menyadari masalah terhadap versi animasi yang dirilis di Indonesia itu dan kita dapat memahami kekhawatiran tersebut. Karena itulah, aku di sini mengumumkan bahwa kami akan memperbaiki semua masalah itu. Meskipun kami membuat animasi di Amerika, namun kami tetap akan mempertahankan setting cerita tetap sama dengan yang versi Indonesia, dan mungkin tidak akan ada yang akan berubah.

Akan tetapi kami akan mengubah beberapa layout ruangan dengan lebih proposional dan membuat ruang desain lebih signifikan, sehingga akan terlihat lebih hidup dan berbeda dari sebelumnya.

Selain itu, kami juga akan mengubah desain karakter yang memiliki kemiripan dengan anime lainnya. Kami mengetahui jika masalah ini terdapat pada sebagian besar dari karakter, termasuk Sutekina (Bella) dan Hitomi (Rina). Kami tidak berencana untuk mengubah mereka sepenuhnya, kami hanya akan mengedit desain dari mereka namun masih tetap terlihat sama dengan yang sebelumnya.

Kami juga mengerjakan ulang opening sepenuhnya sehingga tidak akan tampak sama seperti yang sekarang. Kami akan membuat pembukaan lebih berhubungan dengan seri dan cerita. Adapun untuk ending kami hanya berencana untuk membuat sedikit penyesuaian untuk itu.

Kami juga mengerjakan ulang seluruh soundtrack yang mencakup opening dan ending lagu, tak terkecuali dengan musik asli juga. Kami bekerja keras untuk meningkatkan kualitas gambar dan suara yang keduanya sama pentingnya dalam animasi.

Kami juga akan mengerjakan ulang animasi untuk episode 1 dan 2 sehingga kualitas yang ditunjukkan akan lebih tinggi, namun adegan tidak akan berubah banyak atau tidak sama sekali. Tetapi kami akan membuat animasi menjadi terlihat lebih baik dari yang sebelumnya.

Kami ingin semua orang tahu jika kami sudah memperhatikan dan mendengar umpan balik. Tak satu pun dari semua itu dilakukan dengan sengaja dan itulah mengapa kami menempatkan begitu banyak pekerjaan rumah untuk memperbaikinya.

Saya ingin mengatakan bahwa episode 3 masih sedang dalam proses pengerjaan dan akan memiliki kualitas yang luar biasa. Setelah kami selesai mengerjakan itu, kami akan mulai membuat perbaikan dari episode 1 dan 2 agar dapat memenuhi standar kualitas.

Setelah semua insiden itu, mungkin akan membuat tanggal rilis jadi sedikit tertunda namun kami akan memiliki tanggal resmi segera. Kami berencana untuk mengirim update secara teratur dan aktif kepada orang- orang. Dimulai dengan episode 3, semua episode akan rilis di Inggris terlebih dahulu dan di Indonesia setelah sebulan kemudian. Namun kami akan memberikan subtitel berbahasa Indonesia pada versi Bahasa Inggris, sampai Dub Indonesia yang dirilis untuk kalian semua telah selesai dikerjakan di Indonesia. Kami juga memiliki kontak dengan seseorang di Jepang dan bisa saja ada kemungkinan dibuatnya Dub Jepang meskipun masih belum jelas.

Itu semua adalah kesimpulan terhadap semua hal yang telah terjadi. Ini adalah sebuah pemberitahuan besar pertama dari kami dengan informasi yang rinci. Kami berencana untuk memposting update menjadi lebih teratur dan mendengar jajak pendapat dari komunitas juga. :)

Pada saat ini kami akan membuat konsep dari kamar, alat peraga, dan desain karakter baru. Dan jika telah selesai, kami akan mempostingnya untuk dapat kalian lihat. Kami juga akan menggambarnya secara digital dan membuatnya dalam format animasi sehingga kami bisa mempostingnya untuk dapat kalian semua lihat."

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Dari postingan di Official Facebook versi bahasa Inggris milik mereka itu, dapat kita simpulkan bahwa mereka telah menyadari akan masalah yang terjadi pada animasi yang sedang mereka garap tersebut. Namun mereka juga menyangkal jika semua itu adalah sesuatu yang mereka lakukan dengan sengaja, karena itulah mereka berencana akan me-remake ulang dari episode 1 dan 2 setelah selesai dibuatnya episode 3 sekaligus untuk meningkatkan kualitas baik dari segi gambar, musik, dan animasi.

Namun bukan berarti disini kita bisa seenaknya mengkambing hitamkan sang creator asli yang membuat episode 1 dan 2. Bagaimanapun juga membuat animasi adalah pekerjaan yang berat, waktu dan biaya yang dibutuhkan juga tidaklah sedikit. Apalagi ini hanya dikerjakan oleh satu orang saja, bisa kalian bayangkan perjuangan dari creator asli demi bisa membuat animasi yang dapat menghibur kita ini. Jadi sudah sepatutnya kita menghargai hasil jerih payah yang telah dilalui oleh creator asli selama ini.

Meskipun sekarang animasi ini tidak lagi sepenuhnya dibuat dan dipegang oleh orang Indonesia, namun kita boleh bangga karena awalnya animasi ini dibuat oleh tangan anak bangsa.
irvingkatangga88
irvingkatangga88

Sekedar orang biasa yang ingin menciptakan karya yang luar biasa.

No comments:

Post a Comment